Friday, November 15, 2019

My Skin Care Routine and Klinik Sakti Medika

Hai teman-teman…πŸ‘‹πŸ˜Š

Alhamdulillah bisa nulis lagi ya. Kali ini aku mau bahas skin care yang aku gunakan selama 6bulan terakhir. Menurut ku ini skin care yang paling cocok untuk aku. Aku juga akan bahas lagi mengenai Klinik Sakti Medika. Beberapa teman-teman masih ada yang nanya apakah aku masih ke klinik atau nggak dan harganya berapa.


Well, this post is about that. Kali ini aku akan ceritain lebih detil ya. So, happy reading…😍

Udah beberapa tahun belakangan, skin care jadi sangat penting untuk pria maupun wanita ya. Wajar sih kita memang perlu lebih care dengan kulit kita terutama kulit wajah. Bahkan pria aja udah mulai aware ya. Aku setuju banget sih kalo kita harus lebih aware dengan kulit kita.

Nah kali ini aku mau bahas skin care apa aja yang aku gunakan selama 6bulan belakangan yang membuat aku nyaman. Plus aku juga akan share tentang make up yang aku gunakan sehari-hari.

Kalian yang udah baca post aku tentang Klinik Sakti Medika, pasti tau ya aku pake krim dari mereka. Kalo teman-teman tanya aku masih kesana atau nggak, jawabannya Aku masih ke Klinik Sakti Medika dan pakai krimnya.

Setelah seharian pergi, aku selalu double cleansing untuk membersihkan kotoran yang ada di wajahku. Oh yeah, double cleansing is very important step.

Oh iya aku mau kasih tau kondisi wajah aku setahun belakangan ya. Jadi sebelum nikah, aku sok-sok-an treatment ke berbagai klinik kecantikan. Aku juga stop menggunakan krim dari Klinik Sakti Medika. Alhasil wow kulitku rusak sekali hahahaha. Kondisi kulit terparah adalah saat sebelum nikah. Ini bukan karena nggak menggunakan krim ya, tapi aku juga ganti ke skin care korea dan treatment di klinik lain. Nggak main-main loh sampe klinik paling terkenal aku coba hahaha. Tapi ya namanya juga cocok-cocokan jadilah nggak cocok zzzz…

Jadi singkat cerita kulit aku sehari setelah nikah itu kusam, jerawatan, bekas jerawat makin pop up, dan kasar. Saat itu aku masih pakai skin care korea. Pulang dari honeymoon, aku kembali lagi ke Klinik Sakti Medika untuk konsul dan facial.

Aku bilang ke dr. Andina kalo aku udah nyaman pake Cetaphil Gentle Skin Cleanser, aku request untuk ganti cleansing gel aku ke Cetaphil. Dan dr. Andina memperbolehkan. Dan inilah double cleansing step aku.

Pertama aku gunakan Garnier Micellar Cleansing Water for Oily Skin, Acne-Prone Skin dengan kapas dan membersihkan seluruh wajahku hingga leher. Kalo aku pakai heavy make up, aku pasti bersihkan lagi dengan Make Over Make Up Remover.

Kedua, aku ambil sedikit Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan mengusapnya ke seluruh wajah dan leher. Lalu aku basuh dengan air. Dan selesai deh. So easy kan…😊


Ketiga cleanser itu adalah holy grail aku. Aku udah repurchase berkali-kali. Senyaman itu pakai ketiga produk tersebut.

Lanjut ke skin care sebelum tidur. Setelah double cleansing, aku pakai krim malam SM 2 dari Klinik Sakti Medika. Lalu, langsung tidur deh. Sesimple itu teman-teman.


Nah, kadang aku pengen banget pakai sheet mask kalo kulit aku terasa kasar. Rasa kasar ini biasa muncul akibat aku udah lama nggak facial. Karena klinik itu jauh dan aku mager banget, jadilah aku pakai sheet mask aja.


Sheet mask yang aku gunakan adalah Mediheal dan Nature Republic. Kedua brand ini holy grail aku banget. Untuk mediheal aku selalu pakai yang Tea Tree atau NMF Aquaring seperti di foto (kebetulan tea tree nya abis). Aku sih jatuh cinta sama Mediheal Tea Tree, hebat banget bisa buat jerawat aku kempes dalam semalam. Selanjutnya aku juga suka sheet mask dari Nature Republic yang varian Tea Tree, Green Tea, dan Aloe Vera.

Fyi ya teman-teman, aku nggak pernah combine krim SM aku dengan sheet mask. Kenapa? Aku takut aja krim dokter nggak akan bekerja dengan baik kalau di timpa dengan essence dari sheet mask. Aku juga nggak berani coba takutnya malah memperburuk kulit wajah aku. Lebih baik aku pakai salah satu aja di malam hari.

Dan karena sheet mask lumayan mahal kalo dipakai setiap malam selama sebulan, maka aku biasanya stok hanya 5 pcs setiap bulan. Ya setidaknya seminggu sekali aku pakai sheet mask sebelum tidur.

Di pagi harinya, aku mencuci wajah ku dengan Cetaphil saja. Lalu aku keringkan sebelum menggunakan krim dari klinik. Pertama, aku totol-totol Gel Jerawat dari Klinik Sakti Medika di jerawat yang lagi muncul. Kalo nggak ada ya aku nggak pakai. Kedua, langsung timpa dengan Krim Tabir Surya dari Klinik Sakti Medika. Lalu aku bisa langsung make up atau hanya pakai bedak tabur saja. Selesai deh.

Berdasarkan pengalaman aku mencari skin care yang tepat, menurutku kita harus selalu coba-coba sampai ketemu yang nyaman dan cocok untuk kulit kita. Aku udah cocok banget dengan krim dari Klinik Sakti Medika. Aku coba berhenti dan ganti ke skin care lainnya, nggak cocok sama sekali.

Kenapa sih aku bilang nggak cocok? Pertama, jerawat aku sering muncul dan hilangnya lama. Kedua, wajahku kusam. Dan ketiga, kulitku kasar. Inilah yang aku rasakan sejak menggunakan skin care lain (Entah itu dari drug store, skin care korea, atau skin care dari klinik lain).

Karena aku udah nggak mau ‘bandel’ lagi, jadi kayaknya aku akan terus pakai krim dari Klinik Sakti Medika selama aku belum menemukan penggantinya. Tapi Alhamdulillah, aku udah bisa ganti cleansing gel aku dengan brand lain yang lebih mudah di temukan dan harganya lebih murah.

Okay aku ringkas ya skin care rutin aku dalam sehari.

Malam Hari.
  • Kalau aku lagi pakai heavy make up, aku selalu membersihkan make up dengan Make Over Make Up Remover, lalu…
  • Bersihkan wajah dengan Garnier Micellar Water for Oily and Acne-Prone Skin
  • Cuci muka dengan Cetaphil Gentle Skin Cleanser
  • Totol Gel Jerawat (kalau ada)
  • Apply krim malam SM 2 dari Klinik Sakti Medika

Pagi Hari.
  • Cuci muka dengan Cetaphil Gentle Skin Cleanser
  • Totol Gel Jerawat (kalau ada)
  • Apply krim Tabir Surya dari Klinik Sakti Medika
  • Lalu lanjut make up (heavy or not)


Nah itulah step by step aku untuk urusan skin care. Sekarang aku mau bahas lagi mengenai Klinik Sakti Medika. Ini cerita ku yang paling update ya (2019). Karena masih banyak yang suka nanya ke aku mengenai klinik ini.

Klinik Sakti Medika letaknya di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Sejak 2014 lalu aku treatment dan pakai krim dari klinik itu. Wow time flies so fast ya hahaha udah 5 tahun aja loh. Aku selalu konsul dengan dr. Andina Bulan Sari, Sp.KK. Teman-teman sering bertanya kenapa aku konsul ke beliau, alasannya karena dr. Andina adalah teman kakak aku dan aku direkomendasikan oleh kakak aku ke dr. Andina.

Yang aku suka dari dr. Andina adalah beliau nggak pernah maksa aku untuk treatment a/b/c atau suntik atau beli obat yang macam-macam sampai tagihan membengkak hahaha. Beliau itu simple banget, nggak banyak aturan. Selain itu, dr. Andina nggak pernah minta aku konsul sesering mungkin. Pokoknya aku bisa konsul dan request sesuai dengan keinginan aku. Kalo aku rasa treatment ini itu nggak penting, aku akan bilang dan dr. Andina akan kasih saran. Sarannya bisa aku keep atau aku jalanin. Sebahagia itu ketemua dr. Andina

Okay, untuk pemula yang mau konsul ke dokter di Klinik Sakti Medika, berikut aku kasih step nya dan tips supaya nggak canggung pas kesana.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah buka instagram Klinik Sakti Medika, lalu lihat jadwal dokter yang cocok dengan jadwal teman-teman. Pilih dokter yang mana aja karena krim yang mereka berikan biasanya sama, hanya beda harga konsul dan tindakan dari dokter tersebut. Saran aku sih, pilih dari yang sesuai dengan jadwal kamu aja. Dan pilih alternative dokter yang sesuai jadwal kamu juga karena takutnya dokter yang kamu inginkan udah full booked.
  • Lalu telephone Klinik Sakti Medika di nomor berikut ini: 021-8312546 / 021-8312547 atau bisa WA kesini 0821-2405-0703. Kalo kalian telephone memang agak susah karena sering sibuk. Butuh puluhan kali tlp dalam sehari untuk bisa bicara dengan CS nya. Saran aku boleh coba WA aja dulu untuk tanya jadwal dokter yang udah kamu pilih. Biasanya kamu akan dimintai identitas seperti nama dan no HP, lalu CS akan memberitahukan nomor antrean untuk kamu saat hari konsul nanti. Mereka juga akan konfirmasi H-1 konsul, biasanya mereka akan tlp ke no HP yang kamu beritahu ke CS.
  • Kamu bisa juga langsung datang ke klinik, tapi takutnya antreannya udah panjang banget sampai kamu kehabisan waktu menunggu disana.
  • Saat hari konsul kamu tiba, kamu harus langsung daftar ulang di bagian informasi (letaknya disebelah kasir). Kasih tau ke CS nya kalo kamu udah buat janji ke dokter yang kamu inginkan. Mereka akan tanya apakah kamu pasien baru atau lama. Kalau pasien baru, akan diberikan formulir pendaftaran.
  • Hanya mengisi formulir dan menunggu sebentar, kamu udah dapat nomor antrean berupa kertas. Nomor antrean itu segera berikan ke suster yang sering mondar-mandir di ruangan konsul (ada disebelah apotek) atau kalo susternya sibuk (atau kamu nggak tau harus kasih ke suster yang mana), kamu bisa minta tolong sama satpam yang ada di dekat ruang konsul itu.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu…(berharap nggak lama-lama ya haha)
  • Saat konsul tiba, kamu bisa curhat mengenai kondisi kulit kamu ke dokter. Ceritain juga perjalanan skin care kamu. Disinilah yang akan menentukan kamu akan ada tindakan atau tidak dan akan diberikan krim apa saja. Kamu juga akan diberikan jadwal untuk konsul selanjutnya.
  • Tips dari aku yang on budget: Hindari suntik atau tindakan yang dilakukan hari itu, kamu bisa tunda hingga konsul berikutnya atau setidaknya esok hari agar kamu bisa tanya dulu harganya ke bagian informasi. Lalu hindari pemakaian obat minum, karena pengalaman aku obat minum yang diberikan harganya sampai 300rb untuk 30pil yang harus diminum setiap hari (manjur sih tapi mahal juga hahaha).
  • Selesai konsul, suster akan mengantar kamu ke bagian farmasi (apotek) untuk konfirmasi ulang obat yang akan kamu beli.
  • Selanjutnya, kamu harus ke bagian informasi untuk jadwal ulang konsul berikutnya.
  • Selesai jadwal ulang, langsung ambil nomor antrean kasir (di meja kasirnya) dan tunggu panggilan nomor tersebut.
  • Selesai proses pembayaran (bisa pakai cash/debit/kartu kredit), kamu harus menunggu panggilan dari bagian farmasi untuk ambil obat.

Enaknya di klinik ini, kamu bisa konsul selama yang kamu mau. Walaupun pasiennya banyak, tapi mereka bisa handle dengan baik sehingga setiap pasien itu special.

Nah keberhasilan di Klinik Sakti Medika ini bergantung pada teman-teman dalam menggunakan krim nya. Berikut tips dari aku agar kunjungan kamu ke klinik nggak sia-sia:
  • Jangan pernah skip skin care dari klinik
  • Kamu harus konsisten untuk terus menggunakan krim dari dokter (kecuali kamu merasa tidak nyaman/menimbulkan efek iritasi segeralah kembali ke dokter)
  • Selalu membersihkan wajah 2x (double cleansing). Kamu bisa coba-coba untuk cleanser selain dari klinik atau kamu bisa pakai cleanser sebelum ke dokter.
  • Cuci muka minimal 2x sehari atau setelah aktivitas diluar rumah
  • Gunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari dan re-apply setelah sholat dzuhur dan ashar (bagi muslim)
  • Konsultasi ke dokter sesuai jadwal. Boleh skip max 1 bulan aja. Saran aku sih konsul aja dulu sesuai jadwal sampai nanti kondisi kulit udah ok, bisa skip sesuka hati hahaha.
  • Facial sebulan atau 3bulan sekali (FYI, facial di Klinik Sakti Medika itu the best banget! Bersih sebersih bersihnya dan nggak bikin pori-pori besar/bolong, entah ya facial mereka magic banget hahaha)

Selain tips di atas, banyak juga yang tanya sama aku mengenai biaya nya. Memang sedikit pricey tapi menurut aku worth to try.

Untuk pertama kali konsultasi, siapkan aja 1jt – 1,5jt karena semua tergantung sama dokter yang akan kasih kamu krim dan obat lainnya. Dan biaya konsul setiap dokter berbeda. Untuk dr. Andina setahu aku Rp. 250,000 – Rp. 300,000

Selain itu harga facial hari Minggu – Jumat Rp. 250,000 dan hari Sabtu Rp. 300,000

Harga tersebut adalah harga facial medik, selain itu aku nggak tahu karena nggak pernah. Facial disana termasuk totok wajah (kalau nggak berjerawat) dan back massage.

Ok, udah semua aku ceritain tentang skin care aku. Kalo kalian masih ada pertanyaan, boleh langsung email aku atau DM di Instargam ya untuk fast response.

Sekian dulu postingan aku kali ini. Semoga bisa membantu teman-teman dalam merawat kulit wajah. Pakai apapun boleh aja, nggak harus yang mahal. Semangat teman-teman…😍😊

Daftar Harga Skin Care yang Aku Gunakan Setiap Hari:

Garnier Micellar Water for Oily and Acne-Prone Skin
Rp. 26,000 (125ml Supermarket Tip Top)
Make Over Make Up Remover
Rp. 52,000 (100ml Sociolla)
Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Rp. 166,000 (500ml Watson)
Gel Jerawat by Klinik Sakti Medika
Rp. 135,000
Krim Tabir Surya by Klinik Sakti Medika
Rp. 155,000
Krim SM 2 by Klinik Sakti Medika
Rp. 135,000
Mediheal Sheet Mask
Rp. 29,000
Nature Republic Sheet Mask
Rp. 18,000

3 comments:

  1. hallo ka aku pasien dr.andina juga kemaren ada beli cream karna kehabisan cream sm 2 tapi aku pake yang sm 1 alhasil mba apoteker salah kasih dan aku buru2 pergi tanpa cek. kalo mau cream sm 2 ku boleh dm ig narswaray

    ReplyDelete
  2. mba pengalaman SM 1 kan bikin mengelupas, klo SM 2 sebenernya masih bikin ngelupas ga?
    aku pasien dr Fhemy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Fuji,
      Aku pake krim sakti medika nggak mengelupas mba. Makin tinggi kan biasa emg makin keras ya, tp di aku pun sm 1 atau 2 nggak bikin merah/mengelupas. Mba bisa konsul lg aja ke dr. Fhemy kalo kurang nyaman.

      Delete