Tuesday, October 15, 2019

Hadi and Ima Wedding : Menikah dengan Budget Realistis Di Bawah 150jt! (Part 1)

Hai teman-teman...

Udah lama ya gak posting disini. Emang agak males nulis nih belakangan ini. Bingung juga mau posting apa. Tapi karena aku baru aja menikah (yeaayyyy), aku mau share nih pengalaman aku dan suami yang ngurus segalanya sendiri.



Bulan Juli 2019 alhamdulillah aku dan suami ku resmi menikah. Setelah pacaran sekitar 7 tahunan tanpa putus nyambung. Mungkin lain kali aku akan cerita hubungan super awet ku itu ya hehe. Nah kali ini aku mau cerita nih tentang susah senangnya urus nikahan sendiri tanpa WO dan sedikit bantuan dari bunda. Aku juga akan share harga per Juli 2019 ya.

Karena aku akan cerita panjang lebar tentang vendor-vendor ini, jadi aku bagi beberapa part ya. Post kali ini mengenai Gedung dan Catering. Yuk disimak 😊


Sesuai judulnya ya, aku mau sharing nih tentang biaya pernikahanku yang berbudget dibawah 150jt. Menikah nggak perlu mahal. Bagi ku dan suami, sah adalah yang utama. Buat apa mahal hanya untuk prestige aja padahal tujuan menikah itu adalah ibadah. Well, aku nggak mau ceramah sih hehe, aku bukan orang yang tepat untuk itu.

Aku hanya ingin sharing bahwa menikah itu nggak mahal loh. Memang sih ratusan juta udah cukup mahal untuk sebagian teman-teman tapi hei di jaman yang udah semakin mahal ini, dibawah 150jt udah bisa menikah di gedung dengan banyak tamu 700 orang loh. So, yuk baca sampai habis ya~


Sebelum mulai review vendor Gedung dan Catering, aku mau info dulu nih.

PertamaSegala bentuk penilaian di dalam postingan ini hanyalah opini pribadi penulis. Tidak ada tujuan tertentu yang dapat merugikan pihak lain. Baik dan buruknya penilaian berdasarkan pengalaman yang dialami sendiri oleh penulis. Bijaklah dalam membaca dan mengambil kesimpulan. Semoga dapat membantu teman-teman vendor untuk menjadi lebih baik dan bisa membantu para calon pengantin yang ingin mencari vendor pernikahannya.
Kedua, post kali ini akan aku bagi jadi 4 part yaitu :
Jadi, pastikan teman-teman membaca semua part ya 😊 karena aku akan share semua biaya di akhir post yaitu post ke 4 😍

Sebelum itu aku mau kasih tahu vendor-vendor yang akan aku share kali ini.


Venue : Gedung Serbaguna DPR RI Kalibata

Catering : Amira Catering
MC : Keluarga & Jayeng Pri MC
Tambahan Panggung : FUAD Jl Cikoko (Pak Kosasih)
MUA : Emil Mirza
Photographer & Videographer : JimonJP
Band : KittyCat Entertainment
Decor : Fleurs Project
Undangan Cetak : Sumber Rejeki
Undangan Digital : Lav Lav Wedding
Souvenir : Handmade by our friends
Bride's Attire : Private collection (Fancy Textile & Mode Boutique)
Bride's Crown : Sanggar Emil Mirza
Bride's Shoes : Noche
Groom's Attire : Sanggar Emil Mirza & Rent a Suit
Groom's Shoes : Brodo
Mahar : Toko Perhiasan Sumbar Riau & Handmade by me


Gedung Pernikahan: Gedung Serbaguna DPR-RI Kalibata, Jakarta Selatan
Jl. Dpr Dalam Tim., RT.12/RW.5, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750

Harga : Free


Gedung Serbaguna DPR-RI Kalibata atau biasa disebut juga sebagai Gedung RJA DPR RI Kalibata. Gedung tidak bisa digunakan oleh umum.


Pertama kali kesini bulan Mei 2018, aku langsung ditolak sama petugas disana. Aku nggak bisa tanya apakah hari yang aku mau masih kosong apa nggak, karena mereka pun gak pegang data untuk tahun depannya.

Aku diminta untuk langsung ke DPR yang di Senayan, untuk tag tanggal pemakaian gedung. Sebelumnya memang aku udah searching kalo gedung ini gak bisa buat umum, tapi aku coba untuk langsung kesana siapa tau bisa. Ternyata nggak. Pulang dari situ aku langsung bilang sama bunda. Alhamdulillah memang alm ayah punya banyak teman anggota DPR. Aku pun bisa langsung dapat surat pemakaian gedung.

Jujur, gedung ini perfect banget buat aku dan suami. Luasnya sesuai keinginan kita, AC sentral, ada lampu crystal di tengah. Cocok banget deh. Sesuai selera kami. Selama bulak balik kesana untuk lihat kondisi gedung (karena kan masih setahun ya siapa tau ada perubahan), aku dan suami gak ada masalah. Pihak gedungnya juga ramah banget.

Ok saat itu bagi aku dan suami, gedung ini hampir perfect. Namun, ada 2 hal yang cukup krusial bagi aku yang aku akan review disini.


Pertama, panggung yang kecil. Percayalah setelah ngurus nikahan sendiri aku jadi belajar struktur panggung dan ukuran yang ideal hahaha 😂 Jadi, ukuran ideal untuk acara ku adalah 12m x 4m. Aku memang suka dengan panggung yang luas karena keluarga aku banyak. Aku kurang suka kalau pas di foto jadi numpuk. Sedihnya, disana panggung nya berukuran 9,5m x 3m saja. 


Awalnya aku nggak mikirin banget karena cari vendor panggung itu susah. Apalagi aku hanya mau sewa panggung saja dan ukuran yang tidak begitu besar bagi vendor panggung. Namun, semakin dekat hari H suami ku pengen banget tambah panggung. Dia juga mau panggung yang luas agar terlihat bagus dan cocok dengan dekor nya nanti.


Lumayan susah ya cari vendor panggung. Aku sempat tanya ke WO yang pernah disana dan mereka punya panggung sendiri dari bagian dekor. Aku senang sih akhirnya ketemu juga vendornya tapi wow harganya mahal banget. Mereka menawarkan harga kurang lebih 5jt untuk panggung dan karpet saja. Aku dan suami menolak tawaran itu.


Sejujunya ada 1 orang yang menawarkan panggung, dia seperti orang dalam di lingkungan gedung itu. Aku dapat kontaknya dari PIC catering ku. Aku adalah tipe orang yang tidak mudah percaya kalau belum bertemu langsung. Setiap transaksi diatas 1jt aku prefer untuk ketemu dan ingin kwitansi asli. Sedangkan orang ini nggak mau ketemu dan kwitansi diberikan via whatsapp. Oh big no! Aku prefer nggak usah tambah panggung deh kalo gini caranya.


Akhirnya saat TM di H-14 aku ditawarkan oleh salah satu petugas di gedung. Super happy deh. Setelah lelah mencari vendor akhirnya dipertemukan oleh orang gedung juga. Jadi, sebenarnya dari awal aku udah minta ke pihak gedung untuk carikan vendor ya secara udah banyak yang pakai tambahan panggung disana, pasti ada dong 1 vendor yang bisa rekomendasiin ke aku. Tapi, hasilnya nihil.


Mungkin dari teman-teman bertanya kenapa nggak dari dekor aja? Well, dekor aku itu dari catering yang mana hhhhhhhh catering aku lepas tangan dan justru memberikan aku nomor hp orang yang tidak mau aku temui itu 😭


Panggung : FUAD (Jl. Cikoko Raya No. 55 RT.008/03, Jakarta 12770


PIC nya waktu itu adalah Pak Kosasih. Dua hari setelah ngobrol via whatsapp dengan Pak Kosasih, aku dan suami langsung ke workshop beliau. Kami langsung minta panggung dengan ukuran yang kami inginkan. Lalu kami DP 500rb untuk mengikat tanggal. Pelunasan dilakukan saat selesai acara.


Alhamdulillah masalah pertama selesai 😄


Hal yang kedua yang aku sayangkan dari gedung ini adalah petugas kebersihan dan satpam.

Sekitar 2 bulan sebelum acara, aku iseng nih search gedung itu siapa tahu ada review dan belum aku baca. Ketemulah dengan blog ini klik disini. Penulis blog itu bilang kalo disana dia bermasalah dengan satpam.

Penulis itu kedapatan satpam yang meminta tambahan uang padahal penulis udah kasih ke satpam yang shift sebelumnya. Sebenernya nggak masalah ya kalo memang mau ngasih gitu tapi ya ngapain juga ngasih terus-terusan.

Sejak baca tulisan itu aku langsung bilang sama bunda. Setidaknya kita harus hati-hati kalau ada kejadian itu. Lalu 2 minggu menjelang acara, aku mengadakan TM di gedung itu. Pengelola gedung baik banget masangin AC untuk kita padahal hanya TM sebentar. Aku pun bingung apa bener nih petugas dan satpam disini nyebelin?!

Well saat hari H semua terlihat dengan jelas. Pengelola dan satpam memang tidak bekerja dengan baik. Jadi malam sebelum hari H, ada acara di gedung itu sampe tengah malam padahal catering udah mau dekor. Mau diusir juga gak mungkin kan. Ya pasrah deh harus tunggu selesai acara. Acara itu bikin lantai kotor banget. Aku santai aja kan dimana-mana pasti dibersihin sebelum acara besok. Lagian petugas disini kan shift-shift-an. Shift malam pasti baru mulai dan gak mungkin tidur malemnya karena gedung juga masih kotor.

Dan eng ing eng…..

Setelah sholat subuh aku ke gedung itu dan melihat lantai yang kotor banget! Aku mencoba gak panik kan karena masih jam 5 lewat. Masih bisa ini sih dibersihin. Lalu gak lama aku di make up dan nggak lihat lagi dengan lantai kotor itu.

Sekitar jam 7 kakak aku marah-marah karena orang gedung belum pada dateng padahal lantai kotor banget. Sampe orang dekor karpet aku bilang “Saya belum pernah lihat gedung nikahan yang belum dibersihin kaya gini padahal acara udah mau mulai”

Disitu aku panik bercampur pasrah. Orangnya ditelpon juga gak ngangkat. Akhirnya beberapa kali dipanggil barulah mereka datang. Itu pun cuma 2 orang dan ruangan itu besar banget. Ya pada akhirnya bersih juga sih.

Nah selesai acara ada hal yang membuat aku membenarkan cerita penulis yang aku bilang tadi. Well, petugas kebersihan yang bertugas pada shift itu meminta uang kebersihan. Aku sih gak tegaan ya, lagipula gak ada salahnya membagi ke sesama, toh mereka udah bantuin aku. Namun, sejujurnya aku udah bayar kebersihan, keamanan, dan listrik ke pihak pengelolah gedung. Tidak sedikit uang yang aku dan suami keluarkan untuk biaya tersebut. Tapi masih aja ada yang minta biaya tambahan.

Tanpa pikir panjang aku hanya memberikan sedikit uang ku kepada mereka. Hanya untuk “jajan” aja sih. Aku pun mengucapkan terima kasih dan pergi keluar gedung.

Gak sampai disitu loh, aku gak tau entah itu petugas keamanan, pengelolah gedung, atau pengirim bunga yang membereskan kembali karangan bunga secepat kilat.

Acara ku selesai pukul 1 siang. Aku keluar gedung sekitar pukul 2 siang, aku turun dari gedung (letak gedung nikahan di lantai 1). Aku nggak melihat 1 papan karangan bunga pun disana. Padahal teman-temanku bilang ada 4/5 karangan bunga. Beberapa saudara bahkan mertua ku bilang kalau karangan bunga udah diangkut sebelum acara selesai.

Aku nggak ngerti ya kenapa seperti itu? Apakah beberapa gedung ada yang nggak boleh taruh karangan bunga lama-lama? Mungkin kalau ada yang senasib dengan ku, boleh di share di kolom comment ya dear.

Sepele sih tapi apa salahnya menunggu semua tamu dan pengantin pulang?! Aku kan juga mau lihat dan mengucapkan terima kasih sama yang udah kirimin aku bunga itu. Alhamdulillah nya fotografer aku foto-in semuanya.

Ini foto-foto gedung yang aku ambil saat TM.








Gedung ini ada 2 tingkat. Tingkat pertama adalah kantor pengelola dan tingkat kedua untuk acara. Gedung ini ada lift nya jadi nggak perlu khawatir untuk orang tua bisa menggunakan lift nya. Ruang rias ada 2 di wing kanan dan wing kiri. Ruang rias wing kiri memiliki AC, biasanya untuk capeng. Sedangkan di wing kanan ruangannya lebih luas tetapi Non AC, biasa digunakan untuk keluarga. 

Overall ok aja. Aku dan suami cukup puas dengan gedung ini. Kalo untuk rekomendasiin ke teman-teman, rasanya nggak deh. Memang sih ini gedung gratis, tapi dengan fasilitas dan petugas yang kurang, rasanya lebih baik cari gedung yang bayar aja. Kita juga lebih puas ya dengan fasilitas yang ditawarkan pastinya. 


Kelebihan
+ Gedung luas (muat hingga 800 org)
+ AC sentral
+ Lampu crystal di tengah gedung
+ Toilet bersih
+ Ceiling tinggi

Kekurangan
- Petugas kebersihan kurang cekatan
- Panggung berukuran kecil
- Gorden kotor
- Tempat parkir sedikit
- Ruang rias terpisah (Untuk pengantin AC, keluarga Non AC)

Overall : 7,5/10 (Gedung) ; 8/10 (Panggung)


Catering: Amira Catering

Harga : Mulai dari 65jt (All in One Package)

Akhirnya kita membahas catering. Hal paling krusial dalam pernikahan hahaha. Aku orang paling galau dalam memilih catering. Suami ku sih yang penting makanannya enak dan sesuai budget. Aku si anak paling ribet dan detil nggak mudah memutuskan Amira Catering sebagai pilihanku.

Tapi jujur aja aku gak banyak coba catering. Pilihan aku waktu itu adalah Purnama Catering dan Amira Catering. Kenapa? Karena menurut aku yang harganya pas di kantong aku dan suami hanya kedua catering itu. Namun seiring berjalannya waktu ternyata sama aja ya hahaha.

Aku booking Amira sejak Mei 2018. Setelah booked gedung, aku langsung ke Amira Catering dan Purnama Catering. Tapi, akhirnya aku booked Amira Catering karena dia punya dekor yang aku mau. Aku booked paket all in untuk 700pax yang saat itu harganya 78,8jt. Saat itu belum kepikiran untuk tambah atau kurangi paket. Belum tahu juga ada banyak biaya tambahan di Amira Catering 😭

Memang kadang terlalu perfeksionis membuat segalanya jadi tidak sesuai harapan. Dua hal yang membuat aku bahagia dengan Amira Catering adalah makanannya yang melimpah dan petugas yang super ramah.


Hal pertama yang mau aku bahas adalah rasa~

Kalo soal rasa makanan, Amira Catering juara sih. Nggak kalah loh sama catering mahal. Inget banget temanku pakai Alfabet Catering (yang endolita banget itu dan mahal tentunya haha), aku bandingin sama Amira Catering sama aja kok. Enak, kaya bumbu, bervariasi menu nya. So, this is one of the reason why I choose them.


Tapi cerita sedikit ya, awalnya saat pertama kali test food rasa makanannya enak sih tapi pedas hahaha. Langsung kepikiran sama saudara-saudara yang udah tua pasti kasihan kalo kepedasan kan. Aku coba kasih saran ke salah satu PIC Amira Catering. Aku nggak mau sebut nama ya hehehe. Setelah kasih saran malah dibilang 


“Yah yang judulnya pedas pasti pedas, kalau mau yang gak pedas ada kok ayam kecap” Hahaha good answer sih 😆😒

Lalu tahun 2019 aku test food 4-5 kali lagi. Saat itu rasa pedas masih ada di setiap menu. Bahkan yang judulnya ada kecapnya aja pedas juga. Kalo orang yang nggak suka pedas kan bisa-bisa dia nggak makan semua hidangan utama dong hahaha. Jadi, yang pedas kebanyakan hidangan utama, kalo foodstall nya enak semua kok dan nggak pedas.

Akhirnya test food terakhir rasanya berubah. Bukan berubah ke arah negatif ya. That was super good. Hampir semua enak banget dan nggak pedas. Sesuai judul makanannya, kalau memang ayam rica rica pasti pedas tapi hey pedasnya manusiawi loh 😃


Aku yakin sih pasti banyak yang protes karena rasanya pedas. Soalnya banyak juga yang dulu test food sama aku bilangnya makanannya pedas. Akhirnya pas aku dan suami mau nikah rasa pedasnya udah berkurang. Justru jadi enaaakkk banget! Good job Amira Catering.

Ok kalau untuk makanan, Amira Catering the best banget. Enak dan banyak. No doubt!

Lalu hal kedua yang mau aku bahas adalah dekorasi~

Selama lihat IG mereka, wah dekornya keren banget. Sampai bingung mau yang mana. Namun, beberapa kali datang ke acara Amira Catering yang lain selalu merasa kurang dengan dekornya. Aku sih positive thinking ya mungkin karena setiap capeng itu beda-beda seleranya. Aku pun belajar dari capeng-capeng yang lain.

Lalu beberapa bulan sebelum hari H, aku dan suami order yang sudah fix ke PIC kami yaitu Mba Icha. Sebelumnya PIC aku adalah Mas Rafi, tapi aku lebih nyaman ke Mba Icha. Saat fix-in segala hal ada aja yang membuat kami tuh “Kenapa nggak info dari awal sih” dan inilah momen dimana Amira Catering itu selalu ada tambahan biaya. Aku akhirnya sadar thats why Amira Catering gives us low price (atau harga sesuai budget pasangan muda).

Untuk orang yang nggak banyak nuntut, pasti paket all in udah cukup. Eits cukup nggak ya? Hahaha karena paket all in itu nggak semua all in. Kita harus tambah lagi MC akad, baju akad, baju orang tua untuk akad. Dan untuk orang seperti aku yang serba banyak mau dan detil, pake all in itu nggak cukup sama sekali.


Lalu berita buruknya, dekorasi yang aku dan suami inginkan ada tambahan biaya.


Padahal dari pertama kali aku booking, selalu aku tekankan adakah biaya tambahan untuk dekor. Aku selalu insecure karena aku tahu dekorasi yang lagi happening banget kan pasti ada aja biaya tambahannya. Benar aja kan hahaha, well mau gimana lagi karena sudah dekat hari H, kami mau tidak mau menerima apapun itu.

Setelah selesai menghitung semua biaya (plus biaya tambahan) kami pun setuju. Beberapa hari kemudian kami bayar full. Lunas. Lumayan tenang. Hingga hari H pun tiba.

Aku datang setelah subuh ke gedung. Cek satu-satu dekorasi. Aku tanya sama petugas Amira Catering waktu itu, ini dekornya udah selesai? Katanya udah. Hmm kok B aja ya hahaha. Kamera memang selalu memberikan ilusi optic. 

Teman-teman pasti bertanya ya apa sih yang kurang? kan di foto aja udah bagus banget. Aku tipe orang yang detil banget. Di foto terlihat gate masuk kami cukup cool ya?! Aslinya tanaman sulur yang mengelilingi itu sedikit. Terlihat bolong-bolong. Saat itu yang ada dipikiranku adalah aku tambah biaya untuk gate ini, tapi aku dapat result seperti ini. Tarik nafas, buang perlahan~


Aku juga jadi mikir apakah biaya tambahan yang aku keluarkan itu worth it? Dan aku meyakinkan dalam hati (saat itu) yes! Saat itu aku yakinkan diriku bahwa 


"Tidak apa-apa, tidak ada orang yang detil seperti aku"

Tips dari aku saat hari H adalah tidak usah pedulikan segala hal, percayalah ada Allah SWT yang akan mengaturnya bahkan dekor yang B aja bisa terlihat mewah kalau percaya itu.

Lalu ada 2 hal yang membuat aku kecewa. Pertama background panggung band, saat hari H background nya hanya kain putih. Entah kenapa hanya begitu, padahal aku udah print semua dekor yang aku mau dan kasih ke mereka tapi ada aja yang terlewat.

Awalnya aku positive thinking kalau belum selesai dekornya. Tapi suami ku tanya ke orang dekornya katanya begitu aja. Well, semua orang harus ngerti ya kalau capeng saat hari H itu jadi super duper sensitive hahaha. Suami aku protes dan gak mau tau harus sesuai dekor yang kita mau. Akhirnya orang Amira Catering langsung dekor lagi sih. Alhamdulillah mereka cekatan.

Kedua, meja yang dibawah pohon terlalu kecil untuk aku taruh kue nastar. Aku butuh meja yang lebih besar tapi tidak sebesar meja untuk makanan berat. Thanks to my beautiful bridesmaid, Memey, berkat dia meja itu diganti. Eits tapi tidak sekedar bilang minta ganti loh ya. Memey udah super bawel waktu itu sampai akhirnya segera diganti. Yahh kalau nggak bawel pasti nggak akan diturutin juga.

Bunga yang ada dibawah panggung juga kurang banyak, tidak seperti yang ada di IG. Bahkan di foto ini terlihat banyak ya? Aslinya lumayan sepi 😥








Hal ketiga yang aku akan bahas adalah PIC kurang aware~

Setelah aku amati, saat hari H tidak ada PIC aku sama sekali. Kebayang nggak sih kalau saat hari penting itu PIC kita nggak ada sama sekali. Kalau (amit-amit) terjadi apa-apa kan ribet ya. Kejadian background band aja suami ku meminta ke siapa aja petugas Amira Catering disitu. Memey juga meminta tolong ke bukan PIC aku.


Apakah ini service low budget? 😭 Lagi-lagi pengantin yang harus berlapang dada. Kalau dipikir-pikir udah mengeluarkan biaya, tapi ketidakpastian akan selalu ada ya, bad service juga akan selalu muncul tiba-tiba hahaha. It's ok for me because Allah SWT always with me. Karena kepercayaanku yang begitu besar pada Allah SWT, semua berjalan dengan lancar dan menyenangkan.


Menurutku PIC itu perlu ada di saat acara berlangsung sih. Setidaknya sampai akad selesai. Aku ngerti nggak banyak PIC di Amira Catering, setidaknya beri tahu pengantin PIC yang bertugas hari itu. 


Overall Amira Catering ok sih. Rekomendasiin ke teman-teman? Rasanya 50/50 deh. Kalo memang kalian nggak BM sih, Amira Catering cocok banget. Kalo BM seperti aku hmm mending cari-cari dulu aja catering yang lain.


Amira Catering ok untuk makanan dan service saat acara berlangsung. Service petugasnya ya yang melayani makanan dan bersih-bersih. Top banget sih kalo itu. Rasa makanan enak, petugas ramah, dan makanan melimpah banget. Mereka pandai mengatur makanan biar nggak cepat habis. Selesai acara juga ditunggu dulu sampai tamu habis, dan langsung bungkusin buat keluarga. Alhamdulillah berkah~

Kelebihan
+ Petugas catering hari H ramah
+ Management makanan yang baik
+ Rasanya enak

Kekurangan
- Dekorasi biasa aja
- Beberapa hal terlupakan saat hari H
- Tidak ada PIC saat hari H

Overall : 8/10

Dari review aku diatas, aku mengamati banyak hal. Berikut ini yang wajib kalian pikirkan dan diskusikan dengan pasangan agar dapat vendor yang tepat.
  • Carilah gedung yang sesuai kriteria, bayar tidak apa yang penting fasilitas baik
  • Book gedung yang paling utama
  • Lalu minta PIC gedung untuk memberikan rekanan catering
  • Pilih setidaknya 3 catering untuk dibandingkan
  • Test food sebanyak-banyaknya
  • Selalu bertanya worst case dan tambahan biaya pada PIC catering/WO
  • Kalau bisa pakai WO, aku saranin pakai aja
  • Sediakan dana tambahan untuk hari H
  • Print semua dekorasi yang diinginkan dan berikan pada PIC catering/WO
  • Kalau udah menetapkan tema, segera unfollow hal-hal yang bisa mempengaruhi perubahan tema agar tidak tambah pusing hehehe
  • Selalu diskusikan apapun itu dengan pasangan
Ok, sekian dulu ceritaku kali ini. Ingat ya teman-teman aku akan share semua harga di post ke-4 nanti. Ditunggu ya teman-teman, aku lagi proses membuatnya kok.

Be kind and keep positive thinking ya…💕

No comments:

Post a Comment